Strategi SEO Efektif Terindeks Google

Strategi SEO Efektif Agar Mudah Terindeks Google

SEO atau Search Engine optimization bagi sebuah blog memang sangat penting. Untuk membantu blog atau website anda masuk dalam 10 besar hasil pencarian di google search engine, bukanlah hal yang terbilang muda. Namun, hum bukan hal yang terlalu sulit juga. Banyak sekali artikel yang membahas informasi di internet mengenai tips - tips agar sebuah situs optimal di search engine terutama pencarian google. Secara garis besar strategi SEO dibagi menjadi dua berdasarkan media optimizationnya, yakni Strategi SEO On Page dan Stragegi SEO Off Page. Berikut adalah Strategi SEO efektif yang perlu dilakukan sebelum melangkah pada dua strategi SEO tadi. Apa saja langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk memaksimalkan SEO (search engin optimization) sebuah website/ blog? pertanyaan tersebut haruslah terfikirkan Oleh pelaku para penggiat website agar laman pada webnya bisa terindeks secara maksimal. Baca juga artikel sebelumnya: Memaksimalkan SEO Blog Dengan Optimasi Mudah

Strategi SEO Efektif Agar Mudah Terindeks Google
SEO - Seoblogfaster

Langkah - Langkah Mengoptimalkan SEO

Seoblogfaster merangkumnya menjadi 10 langkah yang wajib dilakukan untuk mengoptimalkan SEO sebuah website:

1. Mengatur keyword / kata kunci

Website anda tentusaja terdiri dari kata kata mulai dari nama website, deskripsi, judul laman, postingan bahkan unsur2 kecil pada setiap elem website anda. usahakan buatlah semua elemn tersebut bersinggungan atau memiliki relevansi yang baik. sehingga ketika seseorang mengetikan sesuatu pada search google, google menganggap website andalah yang dimaksud oleh sipencari.

2. Integrasikan Website / Blog Dengan Google Authorship

Mengintegrasikan website atau blog dengan Google Authorship atau menggunakan Authorship Markup sangat baik untuk memaksimalkan strategi SEO jangka panjang, dan juga dapat meningkatkan jumlah klik ke sebuah halaman website, karena pembaca akan menganggapnya sebagai ulasan dari tokoh yang memiliki kredibilitas yang baik. Jika Anda belum menggunakan fitur ini, ada baiknya untuk anda mencoba.

3. Gunakan Domain yang mengandung Kata Kunci

Banyak yang mengatakan bahwa keywords on domain adalah strategi buruk karena bisa dianggap SPAM oleh search engine Setelah update algoritma penguin. Namun, pada intinya keywords on domain tidak samasekali tidak berbahaya untuk website anda, hal itu hanya berlaku untuk situs-situs SPAM. Menggunakan kata kunci  tertentu pada domain situs anda adalah sesuatu yang baik, karena dapat memberikan mainset pengunjung terhadap spesifikasi website anda.Usahakan untuk menggunakan ekstensi yang sesuai dengan core bisnis, misalnya ekstensi dot com untuk situs komersial. karena akan sangat membantu meningkatkan kualitas SEO website anda.

4. Gunakan Platform Yang Tepat (Blogger)

Benyaksekali penyedia platform yang memudahkan pembuatan website baik bagi pemula maupun para master website. Namun ada baiknya mempertimbangkan platform terlebih dahulu sebelum menggunakannya, karena tentu ada kelebihan dan kekurangan pada setiap platform tersebut. jika anda pemula dan ingin cepat membuat situs yang mudah terindeks, saya sarankan menggunakan Blogger. Blogger tentu saja memiliki kedudukan yang istimewa khususnya bagi sistem pencari Google. karena salah satu anak prodak Google Inc. maka akan sangat muda membuatnya menjadi SEO. Baca juga: Tutorial Membuat Blog yang Baik dan Benar Gratis (Blogger Pemula)

5. Gunakan Permalinks Yang Baik dan Efektif

Apa itu permalink? Permalink adalah URL yang mengarah pada suatu artikel atau laman blog atau website setelah melewati halaman depan ke arsip artikel tersebut. Pastikan permalink pada setiap postingan anda berisi judul postingan karenan permalinks yang baik sangat membantu dalam memaksimalkan SEO anda.

6. Plugins SEO Pada Wordpress

Jika anda pengguna platform Wordpress. maka akan dimudahkan oleh plugin penunjang SEO. kelebihan WordPress adalah dapat diinstal plugins yang dapat mendukung dan membantu SEO situs anda. Diantar plugins WordPress yang sangat membantu SEO website yakni:
  • Yoast WP SEO atau All In One SEO Pack
  • SEO Friendly Images
  • Google XML Sitemaps 
  • Dan lain-lain
Pasang plugin tersebut untuk meningkatkan rangking SEO web anda.

7. Konten Berkualitas dan Bermanfaat

Jika website adalah Papancatur, konten adalah Raja, Ratu dan para jajaran menteri. Kekuatannya sangat mempengaruhi kemenangan dalam pertandingan. begitu pula dengan konten berkualitas pada sebuah blog/website. Ada perdebatan tentang konten berkualitas. Seperti apa sebenarnya konten berkualitas itu? Ada yang mengatakan “ konten yang berkualitas sehingga mampu mendongkrak SEO adalah artikelnya minimal 500 kata”, dan ada juga yang mengatakan “konten yang berkualitas itu adalah artikel postingan yang minimal 700 kata”. Namun faktanya, tidak ada yang lebih baik dari sebuah konten yang creatif dan original. Buatlah konten untuk pembaca anda dengan menarik, buatlah bagaimana caranya agar pembaca anda ingin membaca semua isi dari konten anda terus menerus. Seperti yang disampaikan oleh pihak google sendiri, bahwa konten adalah RAJA. maka buatlah konten anda semenarik mungkin agar pembaca akan terus nyaman dalam membaca artikel artikel yang anda publikasikan.

8. Konten Blog Up to Date

Tujuan blog terpenting adalah untuk menyajikan konten yang bermanfaat bagi para pembaca. Sayangnya, demi mengejar keunggulan terhadap kompetitori di urutan pertama pencarian Google, kita kerap menggunakan strategi SEO yang tidak etis bahkan bisa dibilang buruk dan melupakan kenyamanan pembaca. terus update postingan adalah salah satu kunci memberikan manfaat bagi pembaca. dan tentu saja pembaca akan kembali mengunjung web kita yang kaya akan manfaat.

9. Gunakan Social Media Sebagai Sarana Publikasi

Media Sosial Jaman sekarang tentunya sangat menunjang bagi setiap pemasaran berbagi jenis produk. tak terkecuali bagi para penyedia layanan online. diantara media sosial besar hampir seluruh masyarakat mengenal seperti twitter, facebook, Google plus, dan lain-lain. setidaknya pasti mengenal salah satu dari medsos besar tersebut. Kaitannya dengan strategi SEO dan media sosial, anda para publisher bisa membagikannya pada medsos yang anda gunakan untuk memperbanyak jaringan yang dapat menjadi pengunjung web anda.

10. Membuat Backlinks

Apa itu Backlinks? backlink adalah keterkaitan antara suatu situs dengan situs lain berupa umpan balik (dalam hal ini adalah link yang menghubungkan. contoh: link blog si "cecep" ada di blog si "ucup" dan begitu juga sebaliknya. Algoritma pada search engine akan selalu berubah dari waktu ke waktu. Namun dalam mekanisme SEO, backlinks tidak akan burubah dan selalu menjadi faktor penguat SEO. Akan tetapi, kita harus tetap berhati-hati dalam menjalin hubungan, khususnya dalam membangun backlink. Karna backlink yang salah juga akan menjadi boomerang bagi situs web / blog yang ceroboh dalam membangun backlink guna meningkatkan optimasi SEO.

10 langkah di atas adalah strategy efektif untuk memaksimalkan SEO sebuah website. jika anda tidak memperhatikan hal penting ini, bagaimana search engine memperhatikan blog anda. tentunya, seperti google saja pasti memiliki alasan untuk memunculkan blog anda pada hasil pencariannya. meskipun masih banyak lagi faktor SEO yang perlu dilakukan, tapi usahakanlah untuk memaksimalkannya.

Demikian informasi mengenai SEO pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.
Tags

Post a Comment

2 Comments
* Mohon Jangan Spam Disini. Semua Komentar ditinjau oleh Admin
  1. Kalo saya lihat strategi SEO ini, berarti SEO bisa dimanipulasi?

    ReplyDelete

News

iklan banner