Optimisasi SEO versi SEOBLOGFASTER |
SEO terbagi menjadi 2 kategori, SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE. Website atau blog haruslah memperhatikan 2 unsur penting SEO agar google dapat dengan mudah mengidentifikasi muatan yang terkandung dalam setiap element pada web / blog khususnya content pada artikel yang dimuat.
SEO (Search
Engine Optimization) merupakan sebuah keharusan untuk diperhatikan dalam
membanggun blog. Google dengan mesin pencarinya tentu saja seolah tidak bisa
terlepaskan. Kemampuan google untuk meyakinkan para peselancar dunia maya,
dibangun dengan memberikan kepuasan dan pengalaman mesin telusur yang
berkualitas. Memberikan hasil pencarian yang bermutu. Konten sampah tentu saja
akan sangat dihindari dari mesin pencari.
SEO pada Google
Search Engine hampir menjadi prioritas optimization para pengmbang website.
Dengan koualitas pencarian google yang baik, tentu website yang terindekspun
terkesan memiliki kredibilitas yang baik pula.
Nilai
kredibilitas website sangat penting terutama untuk saat ini layanan bisnis
online yang sedang digandrungi para penggiat bisnis dan para kratif bisnis
muda. Kualitas bisnis yang dijalankan khususnya bisnis online, haruslah
didukung dengan pengalaman pelanggan di dunia internet merasa yakin bahwa anda
bukanlah pemain kecil, terbukti dengan kemampuan SEO yang baik pada website
anda.
Jenis Teknik
SEO yang wajib anda ketahui, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Jika kedua
teknik SEO ini dilakukan dengan baik dan benar, dipastikan website bisnis
online akan lebih maksimal yang anda kembangkan kinerjanya.
SEO ON PAGE
Pengertian
SEO ON PAGE adalah
“Teknik optimisasi SEO yang dilakukan dari dalam website / blog”.
Cara-cara yang dilakukan pada SEO ON PAGE
1. SEO URL Domain : Domain website
merepresentasikan sebuah gambaran menyeluruh sebuah website. SEO pada URL ini
dibangun tentunya ketika website anda masih dalam tahap awal (sebelum membuat
website) penting sekali untuk menganalisa dan menentukan URL Domain.Website
harus mudah di pahami arah dan tujuannya sesuai dengan URL Domain yang telah
ditetapkan. Contoh:
- facebook.com
- playstore.com
- jualo.com
- seoblogfaster.blogspot.com
membangun
sebuah website benar-bnear harus diperhatikan sejak pemilihan Domain. Setiap
elemen penting akan berhubungan dengan peningkatan Keyword, Sehingga perlu
sekali memperhitungkan URL Domain yang relevan dengan kata kunci yang
ditargetkan pada mesin pencari guna mengarah pada website yang anda bangun.
Jika URL Website yang ditentukan dirasa sudah sesuai dengan target kata kunci,
maka website sudah siap untuk berkompetisi pada mesin telusur katakanlah GOOGLE
SEARCH.
Tips Menentukan
Domain
- Hindari menggunakan domain dengan tanda Hyphens (-) Contoh: "http://beascholarship-beasiswa-universitas.blogspot.com"
- Hindari penggunaan angka di dalam URL Domain. Contoh: "http://contohnyablog77.blogspot.com"
- URL DOMAIN yang bagus nilai SEOnya bisa anda lihat pada blog ini memiliki URL Domain sebagai berikut : "http://seoblogfaster.blogspotcom", maka secara tidak langsung SEOBLOGFASTER sudah ikut serta berkompetisi dalam keyword: SEO BLOG FASTER, SEO, Blog dan Faster. Heheh
2. Template / Tema Website: SEO pada template
sangat penting dalam meningkatkan SEO website. kita harus membuat atau memilih
template SEO Friendly untuk blog atau website. Sekarang sudah banyak publisher
template-template premium gratis yang memiliki struktur code SEO Friendly.
Seperti template yang saya pakai dan saya dapatkan dari publisher template SEO
Bumiayu77.
3. Tag Judul : Judul pada setiap konten
haruslah mampu mendefinisikan isi posting / konten yang dimuat. Tag Judul
sering digunakan oleh Search Engine Google untuk diperlihatkan pada halaman
hasil penelusuran. Tag Judul alangkah baiknya memiliki panjang sekitar 50-60
karakter. Jika website memiliki banyak Tag Judul dibawah 55 karakter, maka
setidaknya 95% dari judul artikel akan di munculkan dengan benar di halaman
hasil penelusuran. Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat Tag Judul adalah
biasakan untuk memasukkan kata kunci yang sesuai dan relevan di Tag Judul. Dengan
membuat Tag Judul yang relevan dengan kata kunci maka akan meningkatkan SEO
website.
4. Meta Tag : Website dengan kualitas SEO yang
baik tentunya harus memperhatikan unsur Meta Tag yang terdiri dari Meta
Description, Meta Keyword, dan Meta Content lainnya sehingga dapat membantu
website kita lebih cepat terindex Search Engine atau mesin pencari. Meta Tag yang
dibangun nantinya akan memberikan informasi-informasi penting terkait halaman
website kita kepada Google Crawler untuk di identifikasi. Halaman muka website
memang tidak menampilkan informasi meta tag secara keseluruhan, namun akan
memudahkan kinerja mesin pencarian Google. Website dengan meta tag yang baik
tentunya memberikan informasi yang baik pula terhadap Google Crawler.
5. Format H1 - H3 : GOOGLE Search Engine akan memeriksa
halaman website secara keseluruhan, pemeriksaan atau pengecekan yang dilakukan
search engine pada seluruh element halaman dimulai dari kiri bagian atas sampai
pada sisi kanan bagian bawah. Oleh sebab itu sangat penting untuk menempatkan
Tag H1 pada kalimat pertama konten website. H1 yang baik ditempatkan pada Tag
Judul artikel. Setelah penempatan H1 kemudian disusul juga untuk menempatkan
subnya yakni H2 dan H3 disetiap konten yang berada dalam satu halaman website
tersebut. Seperti susunan H1, H2, H3 pada SEOBLOGFASTER ini, penempatan H1 pada
Tag Judul dan H2 pada Tag Judul Widget, atau pada Subheading. Sehingga susunan
SEO Heading teroptimisasi dengan baik.
6. Internal Link : keterkaitan antara satu
artikel dengan lainnya akan menambah pengalaman pengunjung website. Kemudahan akses
pengunjung dan pemetaan halaman tentunya lebih terstruktur dan terkonsep secara
jelas. Dengan Internal Linking, memberikan fungsi yang baik bila diterapkan di
dalam setiap artikel website atau di struktur menu website. Kenapa Internal
Link itu penting? Berbicara Internal Linking, tujuan terpentingnya adalah untuk
membantu Search Engine mengeksplorasi keseluruhan halaman artikel dan membaca setiap
struktur blog atau website. Struktur yang rapih membuat setiap artikel kita dapat
terindeks dengan baik pada Search Engine. Usahakan website memiliki menu navigasi
yang baik dan menuju pada artikel terkait dan sesuai. Sebaiknya sebuah artikel
memiliki 1 Internal Link terhadap artikel terkait. Hal tersebut dapat memudahkan
pembaca atau user dalam mengakses website secara mudah dan nyaman. Kenyamanan user
dalam mengakses artikel yang kita kaitkan satu sama lain tentunya akan
memberikan pengalaman yang membuat user merasa betah berlama-lama membaca
artikel yang disajikan. Untuk kaitannya SEO pada mesin pencari sendiri artikel
yang memiliki Internal Link ke artikel lainnya akan membaca link yang kita kaitkan dengan tujuan
link yang sesuai maka mesin pencari menilai bahwa artikel yang disajikan
website memiliki nilai kualitas yang baik.
7. SEO Image : Unsur konten website memiliki
banyak element, bukan sekedar text di dalam artikel yang bisa meningkatkan SEO
Friendly, setiap gambar yang kita posting pada artikel dapat kita tingkatkan
kualitas SEO Friendly agar dapat terindex di Search Engine dengan mudah. Gambar
yang diposting tentu saja harus memiliki nilai relevansi yang tinggi. Mengingat
mesin pencari memiliki menu penelusuran gambar juga, maka setiap gambar yang terindeks
tentu saja gambar yang memberikan keterangan yang jelas, selain itu seperti
yang sudah saya samopaikan sebelumnya, bahwa google mementingkan kualitas
penelusuran dengan mengindeks halaman yang menyajikan konten yang sesuai. Sebelum
anda upload gambar ke website, perhatikan beberapa hal penting berikut.
- Nama gambar setidaknya memberikan informasi gambar dengan penamaan yang sesuai. Contohnya (gambar logo SEOBLOGFASTER) memiliki nama gambar "Seo-Blog-Faster-Logo.png".
- Kedua Tambahkan ALT Text pada setiap gambar yang kita upload di artikel. Keterangan (ALT Text) kaitannya dengan SEO gambar yakni akan memberikan informasi kepada mesin pencari mengenai gambar apa yang kita tampilkan. Sebaiknya keterangan pada gambarmemiliki 5-15 kata. Jika keterangan trerlalu panjang, search engine juga akan sulit mengidentifikasi gambar pada website, sehingga akan menurunkan kualitas SEO.
8. Optimisasi URL Artikel : URL Artikel sering
disebut juga permalink. Permalink tergolong SEO Friendlyketika mengandung unsur
kata kunci yang sesuai dengan konten yang disajikan. Google juga memberikan
informasi bahwa permalink haruslah logis dan memberikan informasi yang
dimengerti. URL Artikel atau permalink yang baik haruslah memberikan penggalan
kata yang jelas dalam menjabarkan kembali Tag Judul. Seperti contoh
"www.domain.com/caracaraseoonpagedanoffpage",
sebaiknya URL
Artikelnya adalah
"www.domain.com/cara-seo-on-page-dan-off-page "
Memisahkan kata
dengan hyphens"-" akan mempermudah Search Engine mengindex artikel sesuai
dengan kata kunci yang sebelumnya tercantum pada setiap elemen konten.
9. Format Text: format text yang baik tentunya
akan memberikan pengalaman yang baik juga kepada user. Format text seperti
Bold, Italic dan under line tentu akan memper tegas setiap kata pada artikel
yang dimuat. Selain berfungsi meningkatkan SEO format text juga memberikan
pemahaman dan kejelasan pada setiap artikel.
10. Sitemap : Website yang mmemiliki sitemap
akan lebih memudahkan user mencari setiap artikel yang dibutuhkan. Gooogle sendiri
juga menganjurkan pada setiap pengembang website untuk memberikan atau membuat
halaman daftar isi agar memudahkan dalam penelusuran setiap artikel. Dan pada
optimisasi google webmaster, pengembang website di anjurkan untuk memasukan
sitemap pada webmaster google.
Baca juga: caramembuat daftar isi pada blog
SEO OFF PAGE
Pengertian
SEO OFF PAGE
adalah “Teknik optimisasi SEO yang dilakukan di luar website”.
SEO Off Page dibagi
menjadi dua jenis teknik strategi.
- Pertama Teknik WhiteHat yaitu melakukan tindakan bersih dan baik (Natural) berdasarkan peraturan yang dikeluarkan Google.
- kedua Teknik BlackHat yaitu menjalankan tindakan SEO Off Page dengan tidak mengindahkan peraturan google. Sehingga, akan berbahaya jika tindakan SEO ini dilakukan.
Cara-cara SEO Off Page yang baik:
1. Social Media : Media sosial merupakan salah
satu alternatif share konten dengan menjaring trafik dari rekan pertemanan
maupun pengguna media sosial tersebut. Dengan membagikan artikel yang kita
postkan pada media sosial dari website seperti dibagikan ke facebook, twitter,
g+ dan lain-lain maka pengguna media sosial tersebut dapat dengan mudah
diarahkan ke website kita.
2. Backlink : SEO Off Page yang satu ini
sangat berpengaruh ke tingkatan PR (Page Rank), dan peningkatan keyword yang
diinginkan.Back link yang kita banguin tentunya tidak berbau spamming, karena
jika website kita melanggar aturan SEO yang baik dan tergolong spamm maka akan
dikenakan penalti oleh mesin telusur Google (Panda - Penguin). Beberapa cara
membangun back link:
- Pyramid
- Dummy Blo
- Otomatis
- Social Bookmark
- Edu – Gov
- Web 2.0
- Forum
- Blog To Web (1 arah)
- Blog To Blog (2 arah)
- Blog Walking
- Review
- Web Directory
- Submitter
- Iklan, dan cara lainnya yang tidak melanggar aturan dari google search engine
3. Tools SEO Google : Google menyediakan tools
SEO dari berbagi product besutanya bagi para pengembang Website. Tools yang disediakan
Google seperti
- Websmaster
- Analytics
- Trends
- Adwords Keyword Planner
- Consumer Surveys
- PageSpeed Insights
- Content Experiments
- Places for Business
- Alerts
- Tag Manager.
4. Share Gambar : Teknik SEO dengan mengupload
ulang gambar dari artikel terkait pada website penyimpanan gambar umum. Selain
itu kita juga bisa memberikan watermark pada setiap gambar yang di upload.
5. Cara lain SEO Off Page dapat kita
kembangkan lagi sesuai dengan kreatifitas pengembang website. Kata kunci yang
disematkan dalam teknik ini haruslah diperhatikan di diperhitungkan dengan
jelas. Manfaatkan tools untuk pelengkap optimisasi ini. Jauhi strategi yang
tergollong teknik blackhat. Selalu pantau dan amati pengembanga SEO Off Page secara
berkala, guna menjaga kualitas Off Page yang dibangun.
Demikian
penjelasan mengenai Pengertian SEO On Page dan SEO Off Page. Semoga bermanfaat.
Baca Juga : Strategi SEO Efektif Terindeks Google
Baca Juga : Strategi SEO Efektif Terindeks Google